modul interaksi manusia dan komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Ø Interaksi
Merupakan hubungan yang terjadi
atau terbentuk antara user dan komputer (dalam bidang teknologi) melalui unit
masukan dan keluaran interface. Interaksi membantu manusia, apa yang
terjadi antara user dan sistem komputer. Sistem interaksi menerjemahkan antara
apa yang diinginkan oleh user terhadap sistem yang ada. Hubungan
antara user dan komputer dijembatani oleh antarmuka pengguna (user interface).
Pengertian Interaksi adalah komunikasi 2 arah antara manusia (user) dan sistem komputer.
Interaksi menjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulan dan
respon (aksi & reaksi) yang saling mendukung, jika salah satu tidak bisa, maka interaksi
akan mengalami hambatan atau bahkan menuju pembiasan tujuan.
Ø Manusia
Manusia pada umumnya tidak pernah tahu apa yang terjadi pada saat data dimasukkan ke
dalam kotak cpu melalui keyboard. Manusia (user) selalu terfokus pada monitor/printer
sebagai keluaran. Manusia jarang sekali
menyadari proses interaksi dengan komputer.
Manusia baru
menyadari proses interaksi tersebut saat menemukan masalah dan tidak menemukan
solusi pemecahannya. Biasanya manusia menyalahkan antarmuka yang kurang inovatif,
kurang menarik, kurang komunikatif.
Manusia
Merupakan pengguna yang memakai komputer (user), dimana setiap user
memiliki perbedaan karakteristik sesuai dengan kebutuhan & kemampuan dalam
menggunakan komputer
Manusia dipandang sebagai sistem yang memproses informasi, yang bisa
dijelaskan sebagai berikut :
- Informasi diterima dan
ditanggapi dengan proses masukan-keluaran ( IO)
- Informasi disimpan
didalam ingatan (memory)
- Informasi diproses dan
diaplikasikan dengan berbagai cara.
Proses pemasukan dan pengeluaran yang terjadi pada manusia merupakan
suatu vision (pandangan), dan alat fisik yang digunakan untuk hal tersebut
adalah mata.
Komputer
Perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk mengolah data dengan
perantaraan sebuah program yang mampu memberikan informasi dan hasil dari
pengolahan tersebut.
• Definisi interaksi manusia dan computer adalah sebuah hubungan antara manusia dan
komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu
dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface).
• Prinsip kerja komputer adalah input proses output
Kepada komputer diberikan data yang umumnya
berupa deretan angka dan huruf.
Kemudian diolah didalam komputer yang menjadi keluaran sesuai dengan kebutuhan dan
keinginan manusia.
Tanpa disadari kita (manusia/user) telah berinteraksi atau berdialog dengan sebuah benda
(layar monitor), yaitu dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka dan huruf
yang ada pada keyboard atau melakukan satu sentuhan kecil pada mouse. Yang kemudian
hasil inputan ini akan berubah bentuk
menjadi informasi atau data yang seperti
diharapkan manusia dengan tertampilnya informasi baru tersebut pada layar monitor
atau bahkan mesin pencetak (printer)
Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan
komputer merupakan komunikasi
dua arah antara pengguna (user) dengan sistem komputer
yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Interaksi manusia dan
komputer merupakan disiplin ilmu yang
mempelajari desain,evaluasi, implementasi dari sistem komputer interaktif untuk
dipakai oleh manusia,beserta studi tentang
faktor-faktor utama dalam
lingkungan interaksinya.” (ACM SIGCHI,1992,p.6)
Prinsip Kerja Sistem Komputer
•
User memberi
perintah pada komputer
& komputer mencetak/menuliskan tanggapan pada layar
tampilan.
•
Komputer
bekerja sesuai dengan instruksi yg diberikan oleh pengguna.
•
Mengapa diperlukan konsep IMK?
–
Sisi Kegunaan
Contoh : Tombol SAVE
atau DELETE pada menu aplikasi komputer yang perlu ada dibandingkan tombol
REFRESH atau EXIT
–
Sisi Kemudahan
Contoh : Tombol pada
VCR yang terlalu sederhana/sedikit membuat bingung penggunanya. Di lain hal
tombol yang terlalu banyak pada radio mobil membuat orang terancam bahaya pada
saat mengemudikan mobilnya.
•
Mengapa diperlukan konsep IMK?
–
Sisi Kegunaan
Contoh : Tombol SAVE
atau DELETE pada menu aplikasi komputer yang perlu ada dibandingkan tombol
REFRESH atau EXIT
–
Sisi Kemudahan
Contoh : Tombol pada
VCR yang terlalu sederhana/sedikit membuat bingung penggunanya. Di lain hal
tombol yang terlalu banyak pada radio mobil membuat orang terancam bahaya pada
saat mengemudikan mobilnya.
Tujuan IMK
- Menghasilkan sistem yang
dapat digunakan (usable), memiliki manfaat (useful), dan mudah dioperasikan
oleh user (user friendly)
- Fungsionalitas,
fungsi-fungsi yang ada dalam sistem yang dibuat sesuai dengan perencanaan
- Keamanan, apakah sistem
yang kita buat memiliki tingkat pengamanan data atau tidak.
- Efektifitas dan
efisiensi, berpengaruh pada produktifitas kerja dari penggunanya dan
sistem yang dibuat harus berfungsi dengan baik
- Untuk memudahkan manusia
dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang
diperlukan user.
Antar Muka Pengguna
Ø Merupakan bagian sistem yang
dikendalikan oleh user untuk mencapai dan melaksanakan fungsi-fungsi suatu system.
Ø Pengguna hanya boleh berinteraksi
dengan sistem melalui antarmuka pengguna.
Ø Prinsip sebuah sistem komputer adalah
masukan, proses, keluaran ( Input, Process, Output )
Ø Sebuah sistem antarmuka pengguna
memiliki peranti masukan (seperti keyboard, mouse, dan media input lainnya),
peranti keluaran (seperti monitor, printer), masukan dari pengguna (seperti
garis, gerakan mouse dan ketikan keyboard) dan hasil yang dikeluarkan oleh
komputer (seperti grafik, bunyi dan tulisan).
Yang
diperhatikan dalam pembuatan User Interface
•
Dilihat
dari kebutuhan user
•
Analisa
dari sistem analis
•
Kreativitas
dari pembuat sistem
Interface
harus user-friendly, yaitu :
1.
Tampilan
yang bagus/menarik
2.
Mudah
dioperasikan
3.
Mudah
dipelajari
4.
User
merasa nyaman dan senang menggunakan software tersebut
5.
Antarmuka
yang berkualitas tinggi yg dikagumi oleh
orang-orang, beredar luas dan sering ditiru.
6.
Suatu antarmuka/interface yang
dibuat seharusnya tidak
hanya dapat dilihat, disentuh atau
didengar, tetapi juga
mencakup konsep,kebutuhan user
untuk mengetahui sistem komputer, dan harus dibuat terintegrasi ke
seluruh sistem.
7.
Interface
mampu menampilkan informasi dalam format dan dalam langkah yang disesuaikan
dengan penggunanya.
8.
Interface
harus dapat terintegrasi dengan sistem komputer user
9.
Interface
memiliki kualitas tinggi dimana setiap kebutuhan user dapat terpenuhi
Yang terlibat/Berperan dalam IMK
(Bidang Studi)
•
Teknik
Elektronika/ Ilmu Komputer, memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang
sistem HCI
•
Psikologi,memahami
sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik
pengguna
•
Perancangan
Grafis dan tipografi, sebuah gambar dpt bermakna sama dengan seribu kata.
Gambar dpt digunakan sbg sarana yg cukup
efektif utk dialog antara manusia dan komputer
•
Ergonomik,
aspek fisik utk mendapatkan lingkungan kerja yg nyaman. Misal: bentuk keyboard,
mouse, posisi duduk,dll
•
Antropologi,
utk memahami cara kerja berkelompok yg masing-masing anggota bekerja sesuai dgn
bidangnya.
•
Linguistik,
utk melakukan dialog diperlukan komunikasi yg memadai menggunakan bahasa
khusus; spt: bahasa grafis, bahasa menu, bahasa perintah.
•
Sosiologi,
studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal
adanya PHK karena otomasi kantor.
Komentar
Posting Komentar