modul interaksi manusia dan komputer


INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Ø  Interaksi
 Merupakan hubungan yang terjadi atau terbentuk antara user dan komputer (dalam bidang teknologi) melalui unit masukan dan keluaran interface. Interaksi membantu manusia, apa yang terjadi antara user dan sistem komputer. Sistem interaksi menerjemahkan antara apa yang diinginkan oleh user terhadap sistem yang ada. Hubungan antara user dan komputer dijembatani oleh antarmuka pengguna (user interface).
 Pengertian Interaksi adalah komunikasi 2 arah antara manusia (user) dan sistem komputer.  Interaksi menjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulan dan  respon (aksi & reaksi) yang saling mendukung, jika salah satu tidak bisa, maka interaksi  akan mengalami hambatan atau bahkan menuju pembiasan tujuan. 
Ø  Manusia
Manusia pada umumnya tidak pernah tahu apa yang terjadi pada saat data dimasukkan ke  dalam kotak cpu melalui keyboard. Manusia (user) selalu terfokus pada monitor/printer  sebagai keluaran.  Manusia  jarang  sekali  menyadari  proses  interaksi  dengan  komputer.  Manusia  baru  menyadari proses interaksi tersebut saat menemukan masalah dan tidak menemukan  solusi pemecahannya. Biasanya manusia menyalahkan antarmuka yang kurang inovatif,  kurang menarik, kurang komunikatif. 
Manusia
Merupakan pengguna yang memakai komputer (user), dimana setiap user memiliki perbedaan karakteristik sesuai dengan kebutuhan & kemampuan dalam menggunakan komputer
Manusia dipandang sebagai sistem yang memproses informasi, yang bisa dijelaskan sebagai berikut :
  1. Informasi diterima dan ditanggapi dengan proses masukan-keluaran ( IO)
  2. Informasi disimpan didalam ingatan (memory)
  3. Informasi diproses dan diaplikasikan dengan berbagai cara.
Proses pemasukan dan pengeluaran yang terjadi pada manusia merupakan suatu vision (pandangan), dan alat fisik yang digunakan untuk hal tersebut adalah mata.
Komputer
Perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk mengolah data dengan perantaraan sebuah program yang mampu memberikan informasi dan hasil dari pengolahan tersebut.
• Definisi interaksi manusia dan computer adalah sebuah hubungan antara manusia dan  komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu  dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface). 
•  Prinsip kerja komputer adalah  input            proses           output  Kepada  komputer  diberikan  data  yang  umumnya  berupa  deretan  angka  dan  huruf.  Kemudian diolah didalam komputer yang menjadi keluaran sesuai dengan kebutuhan dan  keinginan manusia.  Tanpa disadari kita (manusia/user) telah berinteraksi atau berdialog dengan sebuah benda  (layar monitor), yaitu dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka dan huruf  yang ada pada keyboard atau melakukan satu sentuhan kecil pada mouse. Yang kemudian  hasil  inputan  ini  akan  berubah  bentuk  menjadi  informasi  atau  data  yang  seperti  diharapkan manusia dengan tertampilnya informasi baru tersebut pada layar monitor  atau bahkan mesin pencetak (printer) 
Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi  Manusia  dan  komputer  merupakan  komunikasi  dua  arah  antara pengguna (user) dengan sistem komputer yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Interaksi  manusia dan komputer  merupakan disiplin ilmu yang mempelajari desain,evaluasi, implementasi dari sistem komputer interaktif untuk dipakai oleh manusia,beserta  studi  tentang  faktor-faktor  utama  dalam  lingkungan interaksinya.” (ACM SIGCHI,1992,p.6)
Prinsip Kerja Sistem Komputer
         User  memberi  perintah  pada  komputer  &  komputer  mencetak/menuliskan tanggapan pada layar tampilan.
         Komputer bekerja sesuai dengan instruksi yg diberikan oleh pengguna.

         Mengapa diperlukan konsep IMK?
        Sisi Kegunaan
            Contoh : Tombol SAVE atau DELETE pada menu aplikasi komputer yang perlu ada dibandingkan tombol REFRESH atau EXIT
        Sisi Kemudahan
            Contoh : Tombol pada VCR yang terlalu sederhana/sedikit membuat bingung penggunanya. Di lain hal tombol yang terlalu banyak pada radio mobil membuat orang terancam bahaya pada saat mengemudikan mobilnya.
         Mengapa diperlukan konsep IMK?
        Sisi Kegunaan
            Contoh : Tombol SAVE atau DELETE pada menu aplikasi komputer yang perlu ada dibandingkan tombol REFRESH atau EXIT
        Sisi Kemudahan
            Contoh : Tombol pada VCR yang terlalu sederhana/sedikit membuat bingung penggunanya. Di lain hal tombol yang terlalu banyak pada radio mobil membuat orang terancam bahaya pada saat mengemudikan mobilnya.
Tujuan IMK
  1. Menghasilkan sistem yang dapat digunakan (usable), memiliki manfaat (useful), dan mudah dioperasikan oleh user (user friendly)
  2. Fungsionalitas, fungsi-fungsi yang ada dalam sistem yang dibuat sesuai dengan perencanaan
  3. Keamanan, apakah sistem yang kita buat memiliki tingkat pengamanan data atau tidak.
  4. Efektifitas dan efisiensi, berpengaruh pada produktifitas kerja dari penggunanya dan sistem yang dibuat harus berfungsi dengan baik
  5. Untuk memudahkan manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang diperlukan user.

Antar Muka Pengguna
Ø  Merupakan bagian sistem yang dikendalikan oleh user untuk mencapai dan melaksanakan fungsi-fungsi suatu system.
Ø  Pengguna hanya boleh berinteraksi dengan sistem melalui antarmuka pengguna.
Ø  Prinsip sebuah sistem komputer adalah masukan, proses, keluaran ( Input, Process, Output )
Ø  Sebuah sistem antarmuka pengguna memiliki peranti masukan (seperti keyboard, mouse, dan media input lainnya), peranti keluaran (seperti monitor, printer), masukan dari pengguna (seperti garis, gerakan mouse dan ketikan keyboard) dan hasil yang dikeluarkan oleh komputer (seperti grafik, bunyi dan tulisan).

Yang diperhatikan dalam pembuatan User Interface
         Dilihat dari kebutuhan user
         Analisa dari sistem analis
         Kreativitas dari pembuat sistem
Interface harus user-friendly, yaitu :
1.         Tampilan yang bagus/menarik
2.         Mudah dioperasikan
3.         Mudah dipelajari
4.         User merasa nyaman dan senang menggunakan software tersebut
5.         Antarmuka yang berkualitas tinggi yg dikagumi  oleh orang-orang, beredar luas dan sering ditiru.
6.         Suatu  antarmuka/interface  yang  dibuat  seharusnya  tidak  hanya  dapat  dilihat, disentuh  atau  didengar,  tetapi  juga  mencakup  konsep,kebutuhan  user  untuk mengetahui sistem komputer, dan harus dibuat terintegrasi ke seluruh sistem.
7.         Interface mampu menampilkan informasi dalam format dan dalam langkah yang disesuaikan dengan penggunanya.
8.         Interface harus dapat terintegrasi dengan sistem komputer user
9.         Interface memiliki kualitas tinggi dimana setiap kebutuhan user dapat terpenuhi

Yang terlibat/Berperan dalam IMK (Bidang Studi)
         Teknik Elektronika/ Ilmu Komputer, memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI
         Psikologi,memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna
         Perancangan Grafis dan tipografi, sebuah gambar dpt bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dpt digunakan sbg  sarana yg cukup efektif utk dialog antara manusia dan komputer
         Ergonomik, aspek fisik utk mendapatkan lingkungan kerja yg nyaman. Misal: bentuk keyboard, mouse, posisi duduk,dll
         Antropologi, utk memahami cara kerja berkelompok yg masing-masing anggota bekerja sesuai dgn bidangnya.
         Linguistik, utk melakukan dialog diperlukan komunikasi yg memadai menggunakan bahasa khusus; spt: bahasa grafis, bahasa menu, bahasa perintah.
         Sosiologi, studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena otomasi kantor.










Komentar

Postingan populer dari blog ini

komunikasi cpu

Perbedaan Antara Wireless LAN dengan Wired LAN

konsep dasar openGL